Tips Kesehatan : Penanganan Telinga Berdenging (Tinitus)

Bertemu lagi dengan Tips Kesehatan. Kali ini saya akan berbagi mengenai cara menangani telinga berdenging. Barangkali ada diantara sobat atau keluarga, teman yang pernah mengalami hal serupa bisa saling berbagi informasi dengan mereka.
telinga berdenging

Penanganan Telinga Berdenging. Telinga berdenging (dalam istilah medis disebut Tinnitus), adalah suara berdenging atau berisik di dalalm telinga atau kepala yang hanya dapat didengar oleh penderita. Kondisi itu sering dikeluhkan dan biasanya sangat mengganggu. Hal yang perlu diingat bahwa tinitus adalah gejala gejala, bukan suatu penyakit. Secara teori dikatakan bahwa ada tinitus yang tidak dapat dihilangkan/menetap.

Apabila telinga berdenging timbul tiba tiba, disertai pusing berputar putar (vertigo) dan ada gangguan pendengaran sebaiknya segera ke dokter THT untuk melakukan tes pendengaran dan pemeriksaan telinga. Karena hilangnya pendengaran permanen atau sudden deafness hampir selalu didahului oleh telinga berdenging.

Penanganan :
  1. Mengatur pola hidup dan pola makan yang sehat, serta olahraga rutin.
  2. Bila faktor tinitus dari penyakit hipertensi atau DM, datanglah secara teratur pada dokter yang merawat untuk mengontrol penyakitnya.
  3. Hindari terjadinya infeksi telinga dengan tidak mengorek telinga
  4. Hindari stress yang berkelanjutan.
  5. Makan vitamin/suplemen yang dianjurkan oleh dokter yang merawat
  6. Jangan biasakan mendengarkan lagu menggunakan handphone dengan headset berlama lama
  7. Bila dokter memfonis tinitus tidak dapat dihilangkan, jangan menjadi kesal/putus asa. Berusaha terus menjalani aktifitas sehari-hari seperti biasa.
Demikian tips dari ragamkarya dalam menangani telinga berdenging. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment